BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM

Jumat, 28 Mei 2010

HARGAILAH PERBEDAAN

dalam keheningan malam, sekitar jam 12 an lebih q masih terjaga, dalam pengembaraan q melihat data-data yang ada dalam komputer. tak sengaja q mendapatkan sebuah artikel karangan seseorang yang gak q kenal. sekilas q baca judulnya kayaknya bahasannya menarik. "menghargai perbedaan".....
ya itulah......perbedaan...dalam kehidupan selalu dan pasti ditemukan perbedaan dan perbedaan bahkan tak jarang timbul perselisihin dikarenakan "PERBEDAAN"
bisakah kita dengan segala perbedaan kita, bersatu??????? tanpa mementingkan ego kita masing-masing????
pernah kita dengar perbedaan itu adalah rahmat...
ini saatnya bagi kita semua untuk memotong rantai kesinisan dalam memaknai perbedaan. Tentu tidaklah cukup menaburkan rasa pluralisme itu dalam ruang seminar dan workshop semata. Harus ada tindakan-tindakan pendampingan kebudayaan yang lebih segar, kreatif, dan dialogis yang berlandaskan nalar dan kesetaraan ruang.
Demokrasi dan pluralisme membutuhkan semangat dan tindakan untuk mau berbagi, sebab demokrasi berarti memberi penghormatan yang seadil-adilnya terhadap keyakinan kepada yang lain, termasuk kepada kaum minoritas. Mungkinkah mereka yang berkuasa, mereka yang dominan itu mau berbagi dengan yang kecil sekaligus memahami ratapan derita yang kecil itu?
bisakah......
mampukah....
maukah......
renungkanlah dengan hati nurani.
inilah artikel "MENGHARGAI PERBEDAAN" yang q temukan saat itu..

semoga kita bisa menyatu dalam perbedaan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar